Sabtu, 19 Maret 2011

Modif Aman Suzuki Satria Fu 150

Modif Aman Suzuki Satria Fu 150





Bagi anda-anda yang punya Suzuki Satria Fu 150, pengen modif biar bisa lebih fast tapi tetep aman. Ada beberapa Tips yang bisa anda terapkan pada motor anda. Soal biaya g perlu khawatir, gak nyampek 3 juta kok!!!! Langsung aja bahas soal apa ja yang perlu di ganti:




  1. Yang paling murah dulu, ganti stir kemudinya dengan stir yang lebih rendah dengan ukuran 26 (Rp 35.000), kalo dikasi yang ukuran 27 jangan mau. Soalnya meskipun beda dikit tapi gak kan bisa dipasang di fu kalian. Pergantian stir ini akan berpengaruh pada handling dari fu kamu.
  2. Gandi footstep dengan type underbone, biar lebih enak handlingnya sekalian buat ngimbangi stir yang lebih rendah tadi. Cari yang biasa aja, tapi baiknya cari yang merk Yoshimura (Rp 315.000) soalnya pas banget dipasang di fu.
  3. Kemudian ganti ban nya dengan ban yang lebih gede. Untuk ini disarankan menggunakan ban FDR, untuk bagian depan menggunakan tipe NR27 ukuran 90/80 dan untuk bagian belakang menggunakan tipe NR54 ukuran 90/80. Ini dilakukan untuk mengantisipasi ketidak stabilan fu pada kecepatan > 135 KMH. Hampir lupa, harganya @ Rp 260.000.
  4. Ganti karbu standart sartria fu dengan karbu Type PE 28. Karena karbu bawaan fu merupakan jenis karbu vacum yang kurang pas untuk tarikan awal fu. Selain itu, dalam jangka waktu yang lama, karet yang ada pada karbu bawaan fu akan mengeras tanpa kita sadari dan itu berpengaruh pada kecepatan fu anda. Untuk itu ganti dengan karbu yang tidak vacum seperti karbu bawaan dari Honda NSR SP, yaitu type PE 28. Keihin Ada beberapa macam karbu type PE 28. Dimulai dari yang paling murah yaitu buatan dari Thailand (Rp 550.000), Japan (Rp 1.500.000), Amrik (Rp 1.750.000). Untuk kekurangan dan kelebihan tiap-tiap jenis karbu tersebut akan kita bahas nanti beserta cara pemasangannya.
  5. Ganti knalpot bawaan fu dengan jenis knalpot freeflow, untuk itu pakai saja merk NOB1, karena harganya murah (Rp 200.000/aluminium & Rp 250.000/Titanium) dan performanya lumayan bagus. Untuk performa max, ganti beberapa komponen karbu untuk menyesuaikan degan knalpot freeflow yang sudah dipasang. Untuk panduanya, kita bahas nanti.
  6. Kalau anda punya uang lebih, belikan CDI unlimited seperti Rextor dan XP. Tapi harus diimbangi dengan penggantian Klep dan Per Klep racing, disarankan menggunakan merk TDR. Kalau tidak diganti maka akan beresiko rusaknya klep standart. Selain itu ganti juga koilnya, untuk mengimbangi besarnya listik yang ada, anda bisa menggunakan merk XP atau Blue Thunder. Untuk Harga CDI (Rp 510.00/Retor), Klep (Belum survei), Per Klep (Rp 250.000/kawahara), Koil (Rp 175.000/XP)
  7. Kalau ada uang lebih lagi belikan K&N Air Filter type RC-2580 (Rp 700.000). Ini digunakan untuk menjaga kebersihan ruang bakar. Boleh saja anda tidak menggunakan Air Filter, tapi usahakan BBM nya menggunaka pertamax 92. Karena selain bebas timbal, pertamax 92 merupakan BBM yang wajib diminum fu. Hal ini dikarenakan kompresi fu yang tinggi. Bila lagi terpaksa pakai Premium, tampahkan cairan tambahan untuk membersihkan ruang bakar seperti STP Fuel Cleaner, Red Line Fuel Cleaner, NOS Fuel Cleaner. Harga bermacam-macam mulai dari Rp 85.000 - Rp 125.000 untuk ukuran kecil.
  8. Hapir lupa, ganti businya dengan busi dingin. Ada beberapa pilihan (Rp 180.000/Nologi), (Rp 90.000/Denso/NGK).
Untuk saat ini, sekian dulu. Karena pengalaman saya cuma sampai situ. Hasilnya lumayan untuk fu saya tanpa menggunakan CDI unlimit dan Air Filter bisa tembuk 150 dengan menggunakan BBM murni pertamax 92. Kurang lebihnya harap diingatkan!!! I Hope U Enjoy It, 'Couse No Sacrifice No Modif!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar