Sabtu, 19 Maret 2011

Habis Di Main Air,FU Susah Starter?

  Saya pusing delapan keliling karena Suzuki Satria FU -150 milik saya payah hidup. Dislah beberapa kali, tetap ogah hidup. Pas dicek kondisi setelan karburator sesuai standar pabrik. Kondisi motor pun sangat terawat. Laughing
Coba inget sekali lagi. “Kejadian kayak gitu setelah motor dicuci. Main siram aja. Air masuk ke tutup dan lubang busi,” kejadian tersebut nyata terjadi pada Wardi



Air masuk ke tutup dan busi lantaran jarak sasis dan kepala silinder renggang. Air mudah masuk karena celah yang renggang dan posisi mesin vertikal (gbr. 1). Air bisa masuk langsung ke silinder head. “Ini beda sama Suzuki Raider 125. Rapat sama batang (sasis, red) tengah,”.
Tambahan lagi desain lubang busi di kepala silinder ada got. Plus celah antara kepala busi sama lubang. Air merembes dari situ. Air ngendap. Api busi enggak bisa besar waktu dislah. Makanya susah nyala.




saran sih bisa aja per 8.000 km lubang busi satria FU dicek dan dibersihkan. Tapi, antisipasi dini bisa kok dilakoni. Tutup got lubang busi dengan isolasi (gbr. 2). Termasuk juga kepala busi (gbr. 3).

1 komentar:

  1. Bukan cuma satria fu yang mengalami kejadian itu,kayaknya hampir disetiap mesin suzuki deh pernah mengalami hal itu,punya teman saya smash, ts125, dan satria 125 pernah mengalami kejadian serupa,pengalaman saya sewaktu pake shogun 125 pun seperti itu,pada waktu itu motor diparkir ditempat kerja dan turun hujan lebat eh setelah itu motor ngga mau diselah baik dengan kick starter maupun electrict starter

    BalasHapus